BERITA

Tingkatkan Pelayanan dan Kenyamanan, KJRI Jeddah Renovasi Gedung Imigrasi

2016-07-24 20:49:55 | BMI-SA JEDDAH

Tingkatkan Pelayanan dan Kenyamanan, KJRI Jeddah Renovasi Gedung Imigrasi


Jeddah LiputanBMI, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah saat ini sedang melakukan renovasi gedung teknis imigrasi.Acting Konsul KJRI Jeddah Dicky Yunusmengatakan, renovasi dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi WNI yang memerlukan layanan dokumen.

"Renovasi gedung dilakukan sebagai upaya peningkatan kenyamanan dan kelancaran bagi WNI yang memerlukan layanan dokumen perjalanan," ujarnya saat dikonfirmasi LiputanBMI melalui mesengger, Senin (18/7).

Jika gedung pelayanan keimigrasian rampung, lanjut kata ia, tentunya akan ada peningkatan kecepatan dalam pelayanan keimigrasian.

Kendati dipastikan akan adanya tambahan kuota bagi pemohon perpanjangan paspor, namun Dicky Yunus belum bisa memastikan jumlahnya pasca direnovasi. Menurutnya harus dilakukan simulasi internal sebelum disosialisasikan ke publik.

"Dukungan dan pengertian WNI dan warga asing mengenai ketidaknyamanan selama proses renovasi tentu sangat diharapkan," terangnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, renovasi ditargetkan akan rampung pada akhir September 2016.

"Nanti semua LSM dan komponen masyarakat akan kita undang untuk melihat langsung pelayanan baru keimigrasian," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, gedung teknis imigrasi KJRI Jeddah selama ini hanya mampu malayani 100 hingga 150 bagi pemohon perpanjangan paspor. Keluhan sering dilontarkan WNI/TKI terkait antrian hingga luar area gedung imigrasi di bawah panasnya terik matahari.

Sementara itu Pelaksana Fungsi Penerangan KJRI Jeddah pada Senin 18 Juli 2016, terkait renovasi gedung imigrasi telah memberikan imbauan bagi WNI/TKI yang akan melakukan permohonan keimigrasian. Berikut 5 imbauan yang dikutip melalui halaman facebook milik KJRI Jeddah. 

1. Terhitung sejak hari Selasa tanggal 19 Juli 2016, kuota maksimal pelayanan keimigrasian untuk permohonan Paspor RI per harinya adalah 150 (seratus lima puluh) pemohon. Adapun bagi WNI yang berasal dari luar kota Jeddah (selain Makkah dan Thaif) tetap dapat dilayani pada hari yang sama dengan mempertimbangkan jumlah pemohon yang sudah terdaftar.

2. Pembagian nomor antrian pelayanan keimigrasian dilakukan sejak Pukul 08.30 s.d. 09.00 WAS untuk pelayanan di hari yang sama.

3. Bagi WNI yang berasal dari wilayah Jeddah dan sekitarnya yang tidak mendapatkan nomor antrian, agar dapat kembali pada hari berikutnya untuk menghindari penumpukan jumlah pemohon.

4. Mohon pengertian dan kerjasamanya lebih lanjut bagi WNI yang masa berlaku Paspornya masih tersisa 6 bulan keatas dan dalam waktu dekat tidak dalam rencana melakukan perjalanan keluar Arab Saudi, diharapkan untuk mengajukan permohonan penggantian masa berlaku Paspornya mulai akhir bulan Agustus 2016.

5. Renovasi area Imigrasi KJRI Jedddah yang sedang berlangsung saat ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan bagi WNI di wilayah kerja KJRI Jeddah khususnya dan Arab Saudi pada umumnya
.
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. (IYD)